Program Studi

TEKNIK PERTAMBANGAN membina Program Strata Satu (S.1) dengan konsentrasi keahlian: Eksplorasi dan Tambang Umum serta rencana pengembangan  konstrasi Geologi dan Metalurgi.

Program Strata Satu ( S1 ) reguler, untuk lulusan SMU/SMK dan sederajat kurikulum berbasis kompetensi dengan bobot 149 SKS, program S1 reguler dapat ditempuh maksimal 4 tahun (8 Semester), dengan gelar Sarjana Teknik (ST).

Selain melakukan proses perkuliahan di kampus, Jurusan Teknik Pertambangan juga melakukan proses perkuliahan di luar kampus yaitu di kampus lapangan ( Field Trip ). Kampus lapangan bertujuan mempraktekkan teori yang didapatkan dibangku perkuliahan sehingga mahasiswa tidak merasa kaku dan mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Program Unggulan : Hybrid Teaching kerja sama dengan Fakultas Teknik Pertambangan dam Perminyakan (FTTM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dimana setiap semester enam orang Guru Besar/Professor dan dosen ahli dibidang pertambangan melakukan proses pengajaran/perkuliahan di Jurusan Teknik Pertambangan FTI-UMI Makassar.

Karir Lulusan Teknik Pertambangan

Badan Usaha Milik Negara seperti Pertamina, Perum Gas Negara, PLN, PT. Timah, PT. Bukit Asam (Persero) Tbk, dll)

Perusahaan swasta seperti Persero batubara, PT. Aneka Tambang, Mobil Oil, UNION OIL Indonesia, PT. INCO, PT. Semen Tonasa, PT. Bosowa Mining, PT. Hemako, PT. Freeport, PT. Berau Coal, PT. Kaltim Prima Coal, PT. Adaro, PT. Tambang Aspal Butonb KODECO dan sebagainya)

Wiraswasta (Lulusan Teknik Pertambangan dapat berwiraswasta dalam perusahaan pemboran air tanah, minyak dan gas bumi)

Akademisi dan Lembaga Penelitian (dosen pada peguruan tinggi negeri maupun swasta, LIPI, BPPT, dll)